Pengaruh Kualitas Teknik, Kualitas Fungsional, Dan Aktivitas Pemasaran Tradisional Terhadap Citra Perusahaan PT. Telkom Kontor Daerah Tasikmalaya
Masalah dan Latar Belakang
• Citra PT. Telkom Kantor Daerah Telekomunikasi Kandatel Tasikmalaya di hadapan para pelanggan belum sepenuhnya diketahui ?
• Pengaruh kualitas teknikal, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tardisional terhadap citra PT Telkom kantor Daerah telekomunikasi tasikmalaya belum secara jelas diketahui ?
Tujuan Penelitian
• Mengukur dan menganalisais persepsi konsumen tentang citra Pt telekom kandatel Tasikmalaya
• Mengukur pengaruh dari kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT Telkom Kandatel Tasikmalaya
Hasil Penelitian
Berdasarkan jawaban responden terdapat seorang responden yang menyatakan sangat baik, 49 responden menyatakan baik, 47 responden menyatakan cukup, tidak ada yang menjawab buruk. Dengan frekuensi yang menyatakan baik rata-rata sekor citra tersebut 3,52 kondisi ini menjukan PT Telkom sudah baik,sedangakan antara veriabel tersebut dengan koefesian korelasi antara +0,028 hingga +0,831 dari ketiga veriabel yang diatas ditemukan bahwa variabel kualitas teknik berhubungan erat dengan citra perusahaan dengan koefesian korelasi tertinggi yaitu 0,691, sedangan dimensi penampilan fisik mempunyai nilai tertinggi 0.831 berarti penampilan fisik karyawan mempunyai hubungan erat dengan perusahaan sedangan analisais regresi atas variabel menghasilakan bahwa variabel-variabel tersebut mempunyai kontribusi yang singnifikan dalam membentuk dan atau membangun citra perusahaan dengan hasil statistik F= 208,849 besanya pengaruh ditunjukan oleh determinasi sebesar 0,479 artinya bahwa variasi dari citra dapat dijelaskan oleh kualitas Teknik,kualitas fasilitas, dan akativitas pemasaran tardisonal sebesar 47,9 dan secara pasial variabel kualitas teknik dan pemasaran tradisional secara nyata membentuk citra perusahaan ditunjukan Koefesian regresii 0,671, sedangan variabel aktivitas pemasaran dalam koefesian regresi berniali kecil 0.063 hal ini disebabkan kegiatan iklan dan kegiatan masyarkat sudah dianggap baik, berarti berpengaruh terhadap citra perusahaan dan kualitas fungsional tidak berpengaruh nyata terhadap pembentukan citra perusahaan namun ketika dipadukan dengan variabel lain nya. Variabel ini memiliki kontribusi dalam meningkatkan citra perusahaan.
Metode Penelitian
Teknik Pengambilan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Telkom yang berada di wilayah Kodya tasikamalaya,kerangka pengambilan contoh diambil dari buku petunjuk telepon tahun 2001/2002. Ukuran contoh ditentukan dengan formula sebagai berikut :
n = N / 1 + Ne ^2
Dimana :n = Ukuran sampel yang diperlukan
N = Ukuran populasi
e^2= Tingkat kesalahan 10 %
kalau menggunakan rumus ini maka sample yang digunakan ini adalah 100 %
Operasionalisasi Variabel
Penelitan ini variabel yang dikaji adalah kualitas teknik, kualitas fungsional, pemasaran tradisional dan citra perusahaan. Dalam kualitas Teknik berkitan dengan fasilitas dan penampilan pelayanan. Variabel ini diukur dengan dimensi : penampilan fisik pegawai,penampilan fisik PT.telkom Taksikmalaya,peralatan yang digunakan oleh perusahan, kenyamanan,dan kebersihan, pengetuhan teknik dari pegawai, ketersediaan jaringan. sedangan kualitas fungsional adalah proses pelayanan berupa interaksi antara PT Telkom dan pelanggan veriabel ini diukur dengan dimensi sebagai berikut : Kesopanan dan keramahan, profosionalisme petugas,dan kecepatan petugas. Sedangkan Pemasaran Tradisional berupa promosi dan penempatan tarif, Variabel ini di ukur dengan sebagai berikut : Iklan PT.Telkom, Informasi drai mulut ke mulut, kegiatan sosial, kewajaran tarif abudeman
Analisis Data
Penelitian ini menggunakan Kuesioner penelitian ini telah diuji yaitu Uji validitas, dan Uji reliabilitas dan data yang sudah dikumpulkan dianalisis mengunakan analisis regresi dan korelasi dengan rumus sebagai berikut :
Rumus Regresi : y = a + bx dan
Rumus Kolerasi : n∑xy - ∑x∑y / √(n∑x^2 – (∑x^2)(n∑y)^2-(∑y^2))
Dan analisis Koefesien Kolerasi : KD = r^2 x 100%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar Anda :